Sabtu, 21 April 2012

Bahaya menggunakan headset

Posted by Blogger Name. Category:

Kebiasaan mendengarkan portable music player (PMP), seperti MP3 player, bisa membuat telinga cedera. Itu terjadi jika kita terlalu sering memakai earphone atau headphone bervolume tinggi.
Berdasar penelitian, efek buruk datang jika menggunakan earphone selama lima jam dalam seminggu. Dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga.Kemungkinan terbesar hal itu terjadi pada usia muda. 
 Awal-awalnya telinga yang sering menggunakan earphone tidak terasa apa-apa, tapi ketika hendak mencabut earphone, telinga terasa panas dan berdengung hebat.


Itu terjadi akibat kelelahan koklea [rumah siput], yang berperan penting dalam proses pendengaran. Kelelahan koklea yang terjadi terus-menerus dan tak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pendengaran menetap.
solusi mendengarkan headset yang baik, diantaranya:
Meskipun cara ini tidak 100% aman, namun setidaknya ini bisa mengurangi bahayanya
  1. Volume tidak boleh lebih dari 80 db atau tombol volume dipasang pada 50-60 % total volume.
  2. Jangan terlalu lama mendengarkan musik melalui earphone, apalagi terus menerus. Beri istirahat telinga setiap ½ -1 jam. Sebab jika organ dalam koklea merasa capek, pendengaran bisa mengalami rusak permanen.
  3. Gunakan alat pemutar musik yang memiliki volume control.
  4. Jangan gunakan alat pemutar musik dalam pesawat terbang atau pada lingkungan ramai, sebab di situasi itu Anda cenderung menaikkan volume yang akan merusak pendengaran.
Semoga tips ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►