Kamis, 19 April 2012

Hampir seluruh tubuh kita menyusut saat kita bertambah tua

Posted by Blogger Name. Category:

00000017746_igre_starejsi.jpg

Saat kita bertambah tua, kita menjadi lebih pendek. Tetapi apa yang banyak orang tidak sadari adalah bahwa tinggi badan hanyalah salah satu yang menyusut seiring waktu; jantung kita, tulang wajah dan organ kelamin semuanya juga menyusut. Perubahan-perubahan seperti itu seringkali datang berdampingan dengan masalah kesehatan. Tahun lalu, sebuah penelitian di Amerika Serikat mendapati bahwa semakin banyak kehilangan tinggi badan, semakin besar resiko anda menderita patah tulang pinggul - dan 1 dari 3 orang yang

Read more
menderita patah tulang pinggul meninggal dalam setahun.

Berikut penyusutan yang terkait dengan usia dan bagaimana anda dapat melindungi tubuh anda.

Tulang belakang

Kebanyakan dari kita kehilangan sedikitnya 1 cm tinggi badan setiap dekade setelah usia 40 tahun. Di usia 80 tahun, kebanyakan pria akan 5 cm lebih pendek dibandingkan ketika mereka berada pada waktu terbaik mereka, dan wanita lebih pendek sebanyak 8 cm. Wanita menyusut lebih banyak dibandingkan pria karena kadar hormon estrogen pada wanita - yang membantu melindungi kesehatan tulang pada pria dan wanita - menurun dengan cepat di saat menupause. Pria juga cenderung memiliki lebih banyak otot, yang mendukung tubuh mereka.

Tetapi bahkan setelah usia 35 tahun, tulang-tulang kita mulai kehilangan mineral-mineral, terutama kalsium.
Karena kemampuan tubuh untuk mengganti jaringan tulang baru melambat, tulang-tulang menyusut sedikit demi sedikit dan menjadi rapuh, membuat mereka lebih berkemungkinan besar untuk roboh dan patah/retak - sebuah kondisi yang dikenal sebagai osteoporosis.

Selain tulang menyusut, hilangnya tinggi badan juga disebabkan oleh mendatarnya disk yang berada di antara tulang-tulang belakang. 23 disk seperti jelly, yang berfungsi sebagai penahan goncangan tulang belakang, terdiri dari sekitar 88% air. Normal bagi mereka menjadi mampat sepanjang hari dimana kita berdiri dan bergerak-gerak, yang mana memeras keluar cairan. Kemudian, di malam hari, ketika kita berbaring, disk-disk tersebut menyerap kembali cairan dan mengembang kembali - yang mana menjelaskan mengapa kita menyusut sebanyak setengah inci sepanjang hari hanya untuk mendapatkan kembali tinggi badan kita di malam hari. Tetapi semakin kita bertambah tua, disk-disk tersebut sedikit mendatar, mengurangi tinggi badan kita secara permanen.

Berkurangnya tinggi badan di usia berapapun bisa jadi sebuah tanda peringatan akan osteoporosis, khususnya pada wanita, tetapi pada para pria, hal ini tampaknya juga menjadi sebuah pertanda akan penyakit jantung. Sebuah penelitian besar pada pria di Inggris yang dipublikasikan di tahun 2006 mendapati bahwa mereka yang kehilangan 2.8 cm atau lebih selama 20 tahun 46% lebih berkemungkinan besar menderita penyakit jantung koroner. Hal ini, kata para peneliti, dikarenakan penyakit umum dari penuaan termasuk penyakit jantung dan osteoporosis, cenderung menyerang bersama-sama.

Bagaimana melindungi diri anda: Sekitar 1/5 dari kita berhasil menghindari penyusutan tinggi badan saat kita bertambah tua. Meskipun genetik yang baik membantu, gaya hidup yang sehat adalah kuncinya. Untuk membantu menghindari osteoporosis, anda sebaiknya mempertahankan makanan yang sehat dengan kalsium yang cukup (dari produk-produk susu dan sayuran berdaun hijau, atau 700 mcg suplemen kalsium sehari) dan vitamin D (dari sinar matahari atau suplemen, 10 mcg sehari).

"Merokok, alkohol dan kafein yang berlebihan (lebih dari 8 cangkir kopi atau teh sehari) dapat mempengaruhi kesehatan tulang anda juga," kata Claire Bowring, seorang petugas kebijakan medis di National Osteoporosis Society.

Para peneliti dari Israel mendapati bahwa orang-orang yang terlibat dalam kegiatan aerobik sedang kehilangan tinggi badan sebanyak hanya sekitar setengah dibandingkan dengan mereka yang berhenti berolahraga di usia separuh baya atau tidak pernah berolahraga sama sekali.

Dan jika anda tidak berolahraga untuk menjaga otot anda tetap kuat, khususnya otot-otot perut, anda dapat dengan mudah memperoleh bentuk tubuh tak sehat, bentuk S dengan perut buncit dan leher yang condong ke depan yang dapat mengurangi beberapa cm tinggi badan anda. Mempertahankan postur tubuh yang baik juga membantu melindungi penuaan disk-disk.

Jantung

Otot jantung menyusut kurang lebih 0.3 g per tahun sejak usia setengah baya, mempengaruhi kemampuannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh anda. Menggunakan pemeriksaan MRI pada pria dan wanita yang berusia 45 sampai 85 tahun, para peneliti di Johns Hopkins University di Amerika Serikat mendapati bahwa setiap tahun memerlukan waktu yang lebih lama bagi otot-otot jantung untuk memeras dan rileks, sekitar 2 sampai 5 %, sementara jumlah aktual darah yang dipompa oleh jantung menurun 9 mililiter per tahun.

Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan otot-otot jantung menebal karena mereka bekerja keras untuk memompa melawan perlawanan yang meningkat. "Pembesaran jantung melalui hipertensi akan memiliki persediaan darah yang buruk dan dapat menjadi fibrosis dan rentan terhadap kegagalan," kata Graham Jackson, konsultan ahli jantung di Guy's and St Thomas' Hospital, London.

Bagaimana melindungi diri anda: Seperti semua otot, jantung menjadi lebih kuat dan lebih sedikit menyusut jika anda berolahraga. "Kegiatan yang dinamis atau aerobik yang memberikan manfaat pada jantung termasuk berjalan, menaiki tangga, berkebun, pekerjaan rumah yang penuh semangat, menari atau menggunakan peralatan olahraga di rumah atau di tempat kebugaran," kata Mr. Jackson. 'Atau hanya 40 menit berjalan 5 kali seminggu cukup untuk membuat sebuah perbedaan."

Organ-organ intim

Organ kelamin pada pria dan wanita menyusut seiring bertambahnya usia. Untuk para pria, ini terjadi untuk 2 alasan. Pertama, bahan-bahan lemak (plak) yang tersimpan di dalam arteri-arteri yang sangat kecil dalam penis, membatasi aliran darah (karena mereka menganggu aliran darah ke jantung). Sirkulasi buruk ini menyebabkan "atrophy" dalam jaringan penis - otot-otot mulai menjadi semakin lemah, menyebabkan kurangnya panjang dan ketebalan. Kedua, adanya penumpukan perlahan-lahan pada kolagen yang relatif in-elastis (jaringan parut) pada dalam selubung fibrosa yang elastis yang memungkinkan ereksi.

"Jika penis yang ereksi pada seorang pria panjangnya 6 inci ketika ia berusia sekitar 30-an, bisa jadi menjadi 5 inci atau 51/2 inci di usia 60 atau 70-annya," kata Dr. Irwin Goldstein, direktur pengobatan seksual di Alvarado Hospital di San Diego. "Dimulai sekitar usia 40-an, testis juga mulai menyusut - hingga diameter 1 cm antara usia 30 dan 60."

Pada wanita, perubahan terkait dengan menurunkan tingkat estrogen dengan menupause, yang mana mengurangi aliran darah pada area tersebut. Rahim juga menyusut, kembali ke ukuran seperti gadis remaja. Kadar estrogen yang menurun berarti kelenjar dan jaringan penghasil susu mengering, digantikan oleh lemak, sehingga payudara kehilangan massanya. Penyusutan alami pada kulit dan ikatan sendi pendukung membuat payudara lebih berkemungkinan besar untuk mengecil.

Bagaimana melindungi diri anda: Bagi para pria, makanan yang sehat dan rendah lemak yang baik untuk jantung anda juga baik untuk kehidupan seks anda - karena arteri-arteri yang sehat di seluruh tubuh anda berarti aliran darah yang lebih baik ke penis. Para wanita dapat melakukan sedikit mengenai perubahan payudara (selain menggunakan bra yang sesuai), tetapi Mr. Jackson mengatakan bahwa baik untuk pria maupun wanita, berhubungan intim secara teratur dapat memperlambat proses penyusutan. "Ini sebenarnya masalah penggunaan atau kehilangan," katanya. "Jika anda memiliki hubungan intim yang teratur, anda meningkatkan aliran darah dan persediaan oksigen ke organ-organ intim, dan mereka jauh lebih berkemungkinan kecil untuk menyusut."

Otak

Berat otak sekitar 400 g saat kita lahir dan berkembang menjadi 1.4 kg saat dewasa, tetapi mulai menyusut dari sekitar usia 26 tahun, sebanyak 10 sampai 15% selama sisa hidup anda. Para dokter tidak tahu mengapa, tetapi percaya hal ini bisa jadi dipicu oleh penumpukan racun dalam otak atau hasil dari sel-sel otak yang biasanya diharapkan untuk regenerasi, mati. Penelitian-penelitian menunjukkan proses ini dipercepat oleh merokok, minum alkohol dan diabetes.

Berkelebihan berat badan dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi juga tampaknya memiliki dampak. Pemeriksaan scan menunjukkan lobus frontal dan temporal (yang mengendalikan pikiran, perencanaan dan daya ingat) menyusut paling banyak. Meskipun demikian, berlawanan dengan yang diperkirakan, penyusutan tidak selalu mempengaruhi kapasitas berpikir, dan tes kognitif telah menunjukkan para pria dan wanita menunjukkan hasil yang sama meskipun ukuran otak yang berbeda semakin meningkat.

Bagaimana melindungi diri anda: Menjaga mental anda tetap aktif sepanjang hidup anda adalah kuncinya. Sebuah penelitian di Australia terhadap orang-orang yang berusia lebih dari 60 tahunan mengukur volume hippocampus (pusat daya ingat pada otak) para partisipan dan mendapati bahwa mereka yang nilainya terendah pada daftar pertanyaan "pengalaman seumur hidup" (yang mengukur tingkat aktivitas mental yang kompleks
dalam kehidupan mereka) mengalami kehilangan lebih dari 2 kali volume (8.3%) dibandingkan dengan rata-rata yang lain.

Menghindari minum alkohol yang berlebihan juga membantu (paska otopsi menunjukkan para alkoholik memiliki otak yang lebih kecil, lebih menyusut), serta mendapatkan cukup tidur.

Wajah

Para ilmuwan terbiasa mengira hilangnya tonus otot dan gravitasi menyebabkan penuaan pada wajah, tetapi baru-baru ini mereka berpikir bahwa tulang-tulang wajah sebenarnya menyusut ukurannya, terserap ke dalam kulit dan otot-otot disekitarnya. Tulang rahang adalah yang paling rentan menyusut - jika anda kehilangan satu gigi, tulang rahang yang mendukung akan menyusut. Para ahli percaya wanita tampaknya kehilangan struktur tulang wajah lebih cepat dibandingkan pria (wanita yang berusia di awal 40-an, laki-laki 10 sampai 15 tahun kemudian).

Bagaimana melindungi diri anda: Kuncinya adalah menjalankan kebersihan gigi yang baik untuk mencegah kerusakan dan kehilangan gigi.

Kandung kemih

Di usia 25 tahun, rata-rata kandung kecil seseorang dapat menanggung 2 cangkir cairan, tetapi di usia 65 tahun, kapasitasnya menjadi setengah dari itu. "Kapasitas dan fungsi menyusut seiring dengan bertambahnya usia karena perubahan-perubahan fisiologis pada struktur otot," kata Zaki Almallah, seorang urolog di Bladder Clinic, Birmingham.

Bagaimana melindungi diri anda: Hindari minum kafein dan alkohol berlebihan, yang mana mengganggu kandung kemih. Para pria dan wanita juga sebaiknya melakukan latihan dasar panggul secara teratur untuk meningkatkan kontrol kandung kemih. "Anda sebaiknya tidak perlu mengurangi asupan cairan anda saat anda semakin bertambah tua," kata Mr. Almallah, menambahkan bahwa anda perlu minum cukup untuk memastikan urin anda bening dan berwarna kuning muda - bukan gelap.

Kelenjar timus

Timus adalah organ yang sangat kecil yang terletak tepat di atas jantung, menghasilkan sel-sel T yang melindungi dalam melawan infeksi. Timus lebih besar di sepanjang masa anak-anak, mencapai ukuran sebuah apel, tetapi mulai menyusut setelah masa puber, berkurang menjadi seukuran kelereng kecil di masa dewasa.

Arne Akbar, profesor imunologi di University College London, mengatakan "Setelah puber, tubuh harus mempertahankan sistim kekebalan, tetapi efisiensinya akan menurun. Inilah mengapa orang-orang yang lebih tua lebih rentan terhadap kanker."

Bagaimana melindungi diri anda: Professor Akbar mengatakan penelitian-penelitian mengindikasikan makanan yang rendah kalori meningkatkan kekebalan, tetapi penelitian ini masih tahap awal.

Dan bagian-bagian yang tetap tumbuh

Hidung dan telinga: Telinga kita bertumbuh kira-kira 1.22 mm setahun. Bagian dalam lobus telinga (concha) ukurannya tetap sama, tetapi kebanyakan telinga terus menerus menjadi lebih panjang. Penjelasan tradisionalnya adalah telinga terdiri dari tulang rawan, yang mana terus bertumbuh tulang-tulangnya. Meskipun demikian, gravitasi adalah faktor yang lain lagi. Tulang rawan, seperti kulit, menjadi lebih tipis dan kehilangan elastisitasnya saat kita bertambah tua, dengan kolagen dan serat-serat elastin yang rusak. Hal ini memungkinkan kulit untuk meregang dan melorot, ujung hidung memanjang terkulai dan telinga-telinga meregang menurun.

Kaki: Kaki kita menjadi lebih panjang dan lebih lebar dengan bertambahnya usia, seperti tendon dan jaringan pengikat sendi yang mana terhubung dengan banyak sendi-sendi yang sangat kecil kehilangan elastisitasnya. Para ahli penyakit kaki memperkirakan bahwa di atas usia 40-an dapat bertambah sebanyak satu ukuran sepatu setiap 10 tahun

Richard Handford dari Society of Chiropodists and Podiatrists mengatakan sendi-sendi yang sangat kecil antara tulang jari kaki memburuk, memungkinkan jari-jari kaki untuk menyebar keluar dan lengkungan kaki menjadi merata. Bantalan lemak pelindung pada tumit dan bola kaki juga merata karena penyusutan. Ia menyarankan untuk menggunakan sepatu lari yang baik sesering anda bisa, untuk mendukung kaki-kaki anda.






Sumber :
Dailymail - Health by Louise Atkinson

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►