Kamis, 12 April 2012

MANFAAT KUNYIT

Posted by Blogger Name. Category:

Manfaat Kunyit 300x249 Mengenal Manfaat Kunyit Selain Bumbu Dapur
Manfaat Kunyit
Manfaat Kunyit (Curcuma domestic) di Indonesia kebanyakan digunakan sebagai bahan penyedap/bumbu masakan. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya khasiat kunyit sangat baik untuk digunakan sebagai obat alami?
Read more
Banyak orang yang telah membuktikan manfaat kunyit untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman dengan habitat asli Asia Tenggara ini memiliki manfaat untuk obat alami berbagai macam penyakit maupun untuk menjaga kesehatan hingga sebagai bahan kosmetik perawat kecantikan.
Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan
Banyak manfaat yang dapat diambil dari kunyit untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa kunyit mengandung banyak zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya adalah senyawa kurkuminoid (desmetoksikumin, kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin), minyak asiri, lemak, karbohidrat, vitamin, protein, fosfor, kalium, zat pati, mineral, dll.
Manfaat kunyit ini sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak lama sebagai obat tradisional. Contohnya, kunyit dapat digunakan untuk menyembuhkan gusi bengkak dengan membuat air rebusan dari kunyit yang kemudian dicampur dengan gambir, lalu bisa juga dibuat sebagai salep untuk mengobati kaki yang terluka dengan menggunakan bahan dasar kunyit yang di gabung dengan asam kawak.
Untuk mengatasi kaki bengkak kita dapat mencampurkan salep dengan minyak kelapa. Dan juga cairan penyebab bengkak dapat dikeluarkan, kunyit bila di remas – remas dan campur dengan biji cengkeh dan bunga melati juga dapat mengobati penyakit kulit dan radang hati. Anda juga bisa menggunakan obat luar dengan akar kunyit yang diremas bila anda sedang terkena reumatik atau sakit bengkak.
Memperoleh Manfaat dari Kunyit
Berikut ini adalah beberapa resep untuk mendapatkan manfaat kunyit sebagai obat alami untuk beberapa penyakit:

  • Untuk mengobati penyakit tifus.Persiapkanlah 1 lembar daun sambiloto, 1 bonggol sere, dan 2 rimpang kunyit.Sebelum di pakai, semua bahan dicucikan dulu, lalu di tumbuk halus dan dipipis, tambahkan segelas air hangat dan saring hingga mendapatkan sarinya, lalu minum air hasil saringan itu.
  • Kunyit sebagai obat Diabetes mellitus.Siapkan 3 rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam.Kemudian rebus dengan 1 liter air, dan minum air tersebut 2x seminggu.
  • Untuk Mengobati Usus Buntu.Siapkan 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, garam, dan gula aren secukupnya.Kunyit diparut, kemudian campur dengan perasan jeruk nipis, tambahkan sedikit gula aren dan garam secukupnya, lalu seduh dengan 1 gelas air panas, dan minum air hasil saringannya setiap pagi secara teratur.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►